Logo Ngawi

Senin, 12 September 2011

contoh RPP


Rencana Pelaksanaan Pembelajaram
(RPP)
Satuan pendidikan   : SDN Ngampel I
Mata Pelajaran         : IPA
Kelas / Semester       : VI / I
Alokasi Waktu         : 1x35 menit

I.                   STANDAR KOMPETENSI.
1.      Memahami hubungan antara cri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya.
II.                KOMPETENSI DASAR.
1.2  Mendeskripsikan hubungan antara cirri-ciri khusus yang dimilki tumbuhan (Kaktus, bunga mawar, enceng gondok).
III.             Indikator.
1.      Menyebutkan cirri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan enceng gondok.
2.      Menyebutkan cirri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan kaktus.
3.      Menyebutkan cirri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan bunga mawar.
IV.             Tujuan Pembelajaran.
1.      Denagan melalui pengamatan tumbuhan, siswa dapat menyebutkan cirri-ciri khusus yang dimiliki enceng gondok dengan benar.
2.      Denagan melalui pengamatan tumbuhan, siswa dapat menyebutkan cirri-ciri khusus yang dimiliki kaktus dengan benar.
3.      Denagan melalui pengamatan tumbuhan, siswa dapat menyebutkan cirri-ciri khusus yang dimiliki bunga mawar dengan benar.
V.                Materi Pembelajaran.
Cirri-ciri khusus makhluk hidup.
VI.             Langkah-langkah pembelajaran.
1.      Pra kegiatan ( 2 menit )
-          Salam.
-          Berdo’a bersama.
-          Presensi dan penertiban siswa.
2.      Kegiatan awal ( 3 menit ).
Apersepsi.
-          Mengadakan Tanya jawab tentang makhlk hidup.
Eksplorasi materi.
-          Mengkondisikan siswa berdiskusi tentang kegiatan yang akan dilakukan dilingkungan kelas yang mengarah pada ciri-ciri makhluk hidup.
-          Eksplorasi tujuan.
Mengkondisikan siswa untuk menemukan sendiri apa yang akan dilakukan dengan media yang disediakan yang mengarah pada cirri-ciri makhluk hidup.
3.      Kegiatan Inti.
-          Eksplorasi konsep ( mengarah pada kegiatan siswa aktif.
-          Siswa membentuk kelompok terdiri dari 4 atau 5 anak.
-          Masing-masing kelompok diwakili salah satu anggota mengambil media belajar berupa tumbuhan (kaktus, bunga mawar, enceng gondok). Yang masing-masing yang masing-masing kelompok mendapat tugas yang berbeda dari kelompok lain.

·         Elaborasi
-          Masing-masing kolompok mencermati dan melakukan pengamatan untuk menemukan cirri-ciri tumbuhan.
-          Setelah selsai diskusi masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi yang diwakili juru bicaranya. Sedang kelompok lain memberi tanggapan.
·         Konfimasi.
-          Siswa diberi kesempatan bertanya tentang materi yang belum dimengerti.
-          Siswa menyimak penjelasan guru ( pemantapan hasil kerja kelompok siswa sesuai dengan materi ).
4.      Kegiatan akhir.
-          Simpulan.
Siswa dengan bimbingan guru membuat simpulan dari konsep materi yang telah dipelajari.
-          Evaluasi.
Siswa diberi soal evaluasi secara individual.
-          Refleksi.
Dilakukan dengan menanyakan kepada siswa apa yang telah dipelajari hari ini.
-          Tindak lanjut.
Memberikan tugas rumah (PR).
VII.          Model dan metode pembelajaran.
Model pembelajaran.
-          Group Investigation.
Metode pembelajaran.
-          Tanya jawab.
-          Diskusi.
-          Penugasan.
VIII.       Media / alat dan sumber belajar.
Media / alat :
-          Macam-macam tumbuhan ( enceng gondok, bunga mawar, kaktus ).
-          LKS.
Sumber belajar :
-          SAINS untuk sekolah dasar kelas VI penerbit Erlangga.
-          Kurikulum KTSP.
IX.             Penilaian Hasil Belajar.
a.       Prosedur penilaian.
-          Prosedur    : Dilaksanakan selama proses pembelajaran.
-          Hasil          : Dilaksanakan pada akhir pembelajaran.
b.      Jenis penilaian.
-          Proses        : aktifitas perbuatan.
-          Hasil          : tertulis.

c.       Bentuk penilaian.
-          Proses        : observasi / pengamatan.
-          Hasil          : obyektif.
d.      Alat penilaian.
-          Proses        : lembar pengamatan.
-          Hasil          : rubik penilaian.



Ngampel, 13 September 2011
Supervisor                                                                   Mahasiswa




MIRSANTO. S.Pd.SD                                                         Ana Puji Astutik
NIP. 19611207 198201 1005                                                      NIM: 820832562

Mengetahui
Kepala SDN Ngampel 1



MISRIANTO. S.Pd.SD
NIP. 19611207 198201 1005



Tidak ada komentar:

Posting Komentar