Rencana Pelaksanaan Pembelajaram
(RPP)
Satuan pendidikan : SDN Ngampel I
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : VI / I
Alokasi Waktu : 1x35 menit
I. STANDAR KOMPETENSI.
1. Memahami hubungan antara cri-ciri makhluk hidup dengan lingkungan tempat hidupnya.
II. KOMPETENSI DASAR.
1.2 Mendeskripsikan hubungan antara cirri-ciri khusus yang dimilki tumbuhan (Kaktus, bunga mawar, enceng gondok).
III. Indikator.
1. Menyebutkan cirri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan enceng gondok.
2. Menyebutkan cirri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan kaktus.
3. Menyebutkan cirri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan bunga mawar.
IV. Tujuan Pembelajaran.
1. Denagan melalui pengamatan tumbuhan, siswa dapat menyebutkan cirri-ciri khusus yang dimiliki enceng gondok dengan benar.
2. Denagan melalui pengamatan tumbuhan, siswa dapat menyebutkan cirri-ciri khusus yang dimiliki kaktus dengan benar.
3. Denagan melalui pengamatan tumbuhan, siswa dapat menyebutkan cirri-ciri khusus yang dimiliki bunga mawar dengan benar.
V. Materi Pembelajaran.
Cirri-ciri khusus makhluk hidup.
VI. Langkah-langkah pembelajaran.
1. Pra kegiatan ( 2 menit )
- Salam.
- Berdo’a bersama.
- Presensi dan penertiban siswa.
2. Kegiatan awal ( 3 menit ).
Apersepsi.
- Mengadakan Tanya jawab tentang makhlk hidup.
Eksplorasi materi.
- Mengkondisikan siswa berdiskusi tentang kegiatan yang akan dilakukan dilingkungan kelas yang mengarah pada ciri-ciri makhluk hidup.
- Eksplorasi tujuan.
Mengkondisikan siswa untuk menemukan sendiri apa yang akan dilakukan dengan media yang disediakan yang mengarah pada cirri-ciri makhluk hidup.
3. Kegiatan Inti.
- Eksplorasi konsep ( mengarah pada kegiatan siswa aktif.
- Siswa membentuk kelompok terdiri dari 4 atau 5 anak.
- Masing-masing kelompok diwakili salah satu anggota mengambil media belajar berupa tumbuhan (kaktus, bunga mawar, enceng gondok). Yang masing-masing yang masing-masing kelompok mendapat tugas yang berbeda dari kelompok lain.
· Elaborasi
- Masing-masing kolompok mencermati dan melakukan pengamatan untuk menemukan cirri-ciri tumbuhan.
- Setelah selsai diskusi masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi yang diwakili juru bicaranya. Sedang kelompok lain memberi tanggapan.
· Konfimasi.
- Siswa diberi kesempatan bertanya tentang materi yang belum dimengerti.
- Siswa menyimak penjelasan guru ( pemantapan hasil kerja kelompok siswa sesuai dengan materi ).
4. Kegiatan akhir.
- Simpulan.
Siswa dengan bimbingan guru membuat simpulan dari konsep materi yang telah dipelajari.
- Evaluasi.
Siswa diberi soal evaluasi secara individual.
- Refleksi.
Dilakukan dengan menanyakan kepada siswa apa yang telah dipelajari hari ini.
- Tindak lanjut.
Memberikan tugas rumah (PR).
VII. Model dan metode pembelajaran.
Model pembelajaran.
- Group Investigation.
Metode pembelajaran.
- Tanya jawab.
- Diskusi.
- Penugasan.
VIII. Media / alat dan sumber belajar.
Media / alat :
- Macam-macam tumbuhan ( enceng gondok, bunga mawar, kaktus ).
- LKS.
Sumber belajar :
- SAINS untuk sekolah dasar kelas VI penerbit Erlangga.
- Kurikulum KTSP.
IX. Penilaian Hasil Belajar.
a. Prosedur penilaian.
- Prosedur : Dilaksanakan selama proses pembelajaran.
- Hasil : Dilaksanakan pada akhir pembelajaran.
b. Jenis penilaian.
- Proses : aktifitas perbuatan.
- Hasil : tertulis.
c. Bentuk penilaian.
- Proses : observasi / pengamatan.
- Hasil : obyektif.
d. Alat penilaian.
- Proses : lembar pengamatan.
- Hasil : rubik penilaian.
Ngampel, 13 September 2011
Supervisor Mahasiswa
MIRSANTO. S.Pd.SD Ana Puji Astutik
NIP. 19611207 198201 1005 NIM: 820832562
Mengetahui
Kepala SDN Ngampel 1
MISRIANTO. S.Pd.SD
NIP. 19611207 198201 1005
Tidak ada komentar:
Posting Komentar